Makna Imlek di Kota-Kota Indonesia

1 Januari 2022

Makna Imlek di Kota-Kota Indonesia



Imlek pada dasarnya adalah perayaan awal musim semi. Ia terkait erat dengan siklus pertanian. Tetapi pertanian tidak terlepas dari kehidupan perkotaan, tempat banyak orang hidup bersama dalam jarak dekat, sehingga banyak produk pertanian dikonsumsi dan: dirayakan! 

Jane Jacobs dalam bukunya, Economies of City, menulis bahwa pertanian maju justru karena ekonomi perkotaan. Ekonomi perkotaan bukan saja membangkitkan kebutuhan akan produk pertanian, tetapi juga menciptakan inovasi-inovasi yang meningkatkan produktivitas dan keragaman.

Maka sebenarnya perayaan Imlek bukan hanya terdiri dari kembang api dan angpau. Ia boleh dikatakan merayakan apa yang sekarang disebut metabolisme sirkuler. Desa mengirim makanan ke desa, sebaliknya kota mengirimkan pupuk, bibit hasil silang, kebutuhan pertanian lainnya, serta pembaharuan-pembaharuan.

Oleh karena itulah unsur makanan menjadi salah satu hal terpenting pada perayaan Imlek. Salah satu agenda pokok keluarga-keluarga yang merayakan Imlek di Indonesia adalah makan bersama keluarga dengan menu tertentu, misalnya hidangan tanpa daging. Di keluarga lain bisa berlaku menu lain, misalnya daging tertentu atau ikan. 

Di Pulau Bangka, daging ayam menjadi makanan istimewa di masa kecil saya, mungkin karena makanan sehari-hari adalah makanan hasil laut seperti ikan, udang dan kepiting, selain babi tentunya. Kue keranjang yang sangat manis dan cukup tahan lama itu sangat mungkin merupakan hasil olahan orang kota, karena merupakan campuran berbagai bahan yang diperdagangkan di kota. Proses pengolahannya sendiri mungkin memerlukan alat-alat yang diciptakan di kota.

Nah, daripada mendapatkan angpau, sebenarnya lebih menarik apabila berkesempatan menyantap makanan-makanan khas itu di keluarga-keluarga yang masih menghidangkannya. Keluarga-keluarga tertentu sangat mungkin mengembangkan resep atau cara penyajian yang unik, berbeda satu dari yang lainnya. Ini baru pengalaman interkultural yang asyik.

Orang Tionghoa dilarang berdagang di luar kawasan perkotaan oleh Peraturan Presiden No 10 Tahun 1959. Maka perayaan Imlek sejak itu rupanya menjadi lebih terpusat di kota-kota yang cukup besar, hingga terbitnya Inpres 14 Tahun 1967 yang melarang pelarangan Imlek bersama seluruh tradisi Cina lainnya.

Sekali lagi, dalam hal ini pun terdapat pengecualian di daerah-daerah berpenduduk keturunan Tionghoa dengan jumlah signifikan. Di Pulau Bangka misalnya, tetap banyak keturunan Tionghoa yang tinggal di desa hingga sekarang. 

Dalam masa Orde Baru sebenarnya "perayaan" diam-diam tetap berlangsung, terutama di kota-kota yang memiliki penduduk keturunan tionghoa yang signifikan. Setiap tahun di Pangkalpinang dulu anak-anak kecil--tionghoa atau pun bukan--selalu antri untuk mendapatkan angpau pada hari Imlek di rumah paman saya, yang terkenal sebagai dermawan kampung. Kadang-kadang secara tidak menyolok juga ada pertunjukan barongsai oleh beberapa perkumpulan kungfu yang masih tersisa dan diam-diam tetap latihan secara teratur.

Kini Imlek bebas dirayakan. Makan malam keluarga pun keluar ke ruang publik, ke restoran-restoran, secara lebih bebas dan meningkat. Intensitas konsumsi yang industrial di kota-kota mungkin akan memediasi pengalaman interkultural yang berbeda.

Oleh : Marco Kusumawijaya 



Baca juga

15 April 2022
HOW JEANS ARE MADE
How jeans are made?
31 Desember 2021
Tinggalkan 4 Kebiasaan Buruk Dalam Berbusana
Tahun baru merupakan momen yang tepat untuk meninggalkan kebiasan buruk � termasuk dalam hal berbusana. Jadi, mumpung masih bulan Januari, ayo perhatikan beberapa kesalahan berbusana di bawah ini dan jangan sampai Anda ulangi.
2 Februari 2021
Pelajari Cara ini dan Raihlah Peluang Promosi
Setiap karyawan dan kaum pekerja dimanapun pasti mengharapkan kenaikan jabatan atau promosi yang diberikan. Namun banyak cerita yang mengisahkan mereka terus menerus untuk jangka waktu yang lama menempati posisi itu.
10 November 2020
SEJARAH NAMA BULAN DALAM 1 TAHUN
JANUARI Kata ini diambil dari nama dewa bangsa Roma yaitu dea dengan dua wajah bernama Janus. Kedua wajah yang bertolak belakang, satu menatap ke depan dan lainnya menoleh ke belakang sebagai pelambang tatapan masa lalu dan pandangan ke masa datang. Janus yang akhirnya menjadi Januari sampai saat ini dijadikan bulan mawas diri sebagai pemisah tahun lalu dan tahun baru.
21 Mei 2020
Jadikan Pekerjaan Sebagai Arena Bermain
Beban, stress yang menekan, konflik dengan rekan sekerja, tugas menumpuk dan banyak lainnya pasti sering dialami oleh siapapun yang berkarir didunia pekerjaan. Namun banyak juga yang meraih kesuksesan dan betah luar biasa hingga bertahun-tahun dengan segudang prestasi dan pujian dari atasannya. Apa rahasianya?
3 Maret 2020
Mengajar Arti Uang
Kalau diamati, anak-anak jaman sekarang jauh lebih konsumtif dari pada anak-anak di jaman kita dulu. Namanya juga jaman modern. Promosi melalui berbagai media begitu gencar, ditambah lagi perkembangan trend yang terus berubah. Anak-anak yang tentunya tak mau dibilang ketinggalan jaman, seolah berlomba mengikuti trend itu.
1 Januari 2020
TIPS: 8 cara agar cantik pakai jeans
Pakaian berbahan denim kini populer lagi. Modelnya pun bermacam-macam sehingga Anda bisa lebih banyak bereksperimen dengan koleksi Anda. Namun, meskipun setiap orang pastinya memiliki celana jeans atau setidaknya satu lagi dalam bentuk jaket atau vest, tak semua orang tahu bagaimana membuatnya tampak maksimal.
16 Juli 2019
5 Alasan Pakai Jeans di Kantor
Celana jeans sudah sering diidentikkan dengan dunia kreatif. Di kantor-kantor yang mengutamakan kreativitas, celana jeans menjadi pakaian lumrah.

Lihat juga